Impresi Scoopy 2013 FI

scoopy 1Akhirnya beli motor matic juga. Bukannya anti tapi emang dari dulu senengnya motor kopling, dari vespa 74, satria, scorpio sampe ninja. Nah masalahnya kalo dulu naek satria masih bisa selap selip di kemacetan (skor 8/10) terus scorpio (6/10) sementara motor ninja 250 (4/10). Karena salah satu kerjaan jadi teknisi komputer ya bolak balik mangga dua lewat gunung sahari yg macet dan panasnya aduhai bin jalik… Dijamin nyerah deh bawa n250fi. Lho kan ada vespa? Iya, tapi tiap kali ngerem bikin jantung deg-degan. Rem depan pakem2 ngelos gitu, trus rem blakang pakem tapi gampang ngesot. Yah pokoke seremlah.. Paling pas ya dijadiin motor perang kalo ke pasar. Parkir aman, hati tenang..:mrgreen:

scoopy 5Setelah survei sana sini, motor yg pas buat operasional jakarta ya matic. Jadi dipilihlah scoopy karena memiliki desain klasik dengan warna fancy black. Keliling 3 dealer honda salah satunya JHC di dewi sartika. Pada kosong. Warna langka nih. Akhirnya ketemunya dealer deket rumah. Halah.., ngapain juga jauh2!!

scoopy 4Berikut impresinya saat dikendarai keliling komplek:
* Handling: dalam kondisi jalan, miring kiri/kanan terasa lincah dan enteng tapi kalo lagi geser mundur dari garasi center of grafity terasa berat (cmiiw). Vespa ’74 yg mesinnya di kanan aja gak berasa berat kaya gini loh
* Rem: dari jaman vario generasi2 awal kok rem blakang lebih pakem daripada rem depan ya?
* Tenaga: putaran bawah menengah lumayan terasa nyentak. Engine brake juga sangat terasa di antara 10-30kpj. Tapi dibawah 10kpj dan diatas 40kpj ketika gas ditutup efek engine brake jauh berkurang
* Suara grok ketika gas ditarik juga gak ada, maklum dulu ngerasain generasi vario 2007 punya temen suara itu pasti ada
* Lampu sudah menggunakan projector sehingga pendaran sinar lebih merata dan cukup terang namun terasa tipis bagi yg terbiasa menggunakan multi reflektor
* Posisi tombol klakson dan sein yg kebalik dibanding motor2 pada umumnya bikin sering salah pencet, mau ngesein malah nglakson begitu juga sebaliknya. (FYI: Biasanya posisi klakson itu paling bawah…)
* Terus switch high beam juga lebih praktis drpd motor f_no yg harus digeser naik turun. (Padahal tadinya udah ngelirik motor ini loh walaupun belum injeksi..:mrgreen: )
* Getaran mesin ketika baru dipanasin lumayan kencang, tapi kalo udah dibawa jalan motor dan stang minim getaran kok
* Ada gantungan barang dan bagasi yg luas.
* Ganti velg dan ban tubeless. Bagi yg belum tau, dorong motor dgn ban kempes itu berat dan gak enak, jadi tontonan pulak…
* Shock belakang sepertinya terlalu ngayun. Kebiasaan naek vespa 74 jd brasa banget bedanya..

scoopy 6scoopy 2

Next tinggal nunggu stnk sebelum bermacet2 di jakarta tercintaπŸ™‚

8 thoughts on “Impresi Scoopy 2013 FI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s