Piggyback Power Commander V Ninja 250 FI

power commander vDulu pas baru beli ninja sama sekali gak kepikiran untuk modif yg aneh2. Paling2 ganti ban lebar sama knalpot slip-on. Seiring bertambahnya kilometer, lama2 mulai ada perubahan kecil2an. Tetep namanya ninja walaupun aksesoris kecil tapi harganya ya lumayan apalagi yg bermerek. Tapi disini saya cuma mau membahas soal piggyback Power Commander V atau PCV.

knalpot akrapovic

Diawali dengan modifan pertama kali, saat itu pake knalpot custom slip-on. Lama2 bosen ganti knalpot standard. Eh gak lama kemudian ada yg jual akrapovic carbon dengan harga miring. Awalnya cuma pengen suara agak ngebas aja dan gak terlalu berisik. Tenaga gak gitu penting makanya header gak diganti. Tapi kok lama2 kalo lagi rolling rame2 si mimin berasa banget agak lemot. Mulailah sektor header diganti dengan full system. Nah disinilah sebenarnya permasalahan itu dimulai (alesan kenapa harus pasang piggyback).

Modal ganti header, knalpot akrapovic dan filter knn replacement – power memang terasa naik. HP tembus 29.74 dan torsi 18.37. Saat itu masih tetep kekeh dengan pendirian gak perlu pasang PCV. Karena saya bawa motornya toh jarang sampe rpm tinggi makanya saya memutuskan gak perlu pasang PCV.

pcv-3Oya sekedar info saja, pasang piggyback bukan jaminan untuk ngilangin nembak, tapi lebih ke timing pengapian dan pengaturan supply bensin ato afr sehingga campuran bensin tidak terlalu kaya/miskin. Itu kata suhu2 yg sudah malang melintang di sentul. Kalo masalah nembak mah tutup aja saluran udara yg dibawah tangki. Tanpa piggyback hal ini saja sudah cukup mengurangi efek nembak tadi.

Oke, balik ke header knalpot. Sejak ganti header 2 minggu yg lalu tiap sampe rumah pasti kipas nyala (tapi lampu indikator gak nyala) padahal sebelumnya gak pernah kecuali abis kena macet. Apalagi jalan dari kelapa gading ke rumah cuma 6km dan lancar banget, riding santai pula. Baru kepikiran jangan2 nih motor supply bensinnya kering makanya mesin panas. Hari minggu kemarin akhirnya masuk rawat jalan di Sportisi untuk dyno. Kenapa Sportisi? Karena selain deket dari rumah (gak ada 1km) jarang ada bengkel yg punya dyno dan harga juga cukup kompetitif. Ternyata bener, AFR (Air-Fuel Ratio) di bawah 7500rpm supply bensin kering (14). Normalnya di 13. Di atas 7500rpm malah basah (12).

pcv-2

Karena faktor inilah makanya buru2 pasang piggyback agar AFR bisa stabil dan sebagai bonus performa juga ikutan naik. Piggyback itu ada macem2, salah satunya ya Power Commander V. Abis dipasang tentunya kudu dilakukan proses mapping. Nah proses mapping yg tepat sebenernya ya diatas dyno agar kemampuan motor bisa diperoleh dengan maksimal. Dan hasilnya setelah pake pcv AFR langsung stabil di angka 13 sementara HP naik jadi 30.37 dan torsi 18.58. Besar kecilnya HP tergantung dari banyak faktor, ukuran pipa header, filter udara, oli, dkk ikut menentukan hasil akhir.

pcv-4dyno result

Berikut data modifikasi yg nempel di mimin:
1. Header full system
2. Akrapovic Carbon
3. Filter Udara K&N Replacement
4. PCV
5. Oli mesin kawasaki yg botol item (Full Synthetic 10w-40)
6. Engine Ice Coolant

So, cuma sekedar bagi2 pengalaman aja; supply bensin yg kering untuk pemakaian jangka panjang ya gak bagus buat mesin. Jadi ganti knalpot full system  kudu pake piggyback? Terserah anda…:mrgreen:

27 thoughts on “Piggyback Power Commander V Ninja 250 FI

  1. Good review.
    Untuk info lebih lanjut soal power commander V, bs langsung kontak bengkel Sportisi Motorsport atau ke Egie (0812-8437050).

    Cheers

  2. bro ente pake pcv + header dan segala macem ngaruh gt banget ga ke performa? apalgi ke tarikan bawah yg lemot gt standarnya, kerasa bgt ada kenaikan ga bro

    • Berasa dong. Dr HP aja udh kliatan sblm pake pcv udh naik 29.74. Std paling 25-26dk. Pake pcv lbh berasa lg. Tenaga mulai dr 4000-13000 terasa lbh padat dan lbh merata di setiap rpm

  3. Nanya gan, aku dah 4bulan ini pake n250fi , kalo di bengkel resmi bisa mapping gak ya? Pasang piggyback apa jadi tambah banyak minum bensin atau malah lebih hemat? Trims.

  4. om kalo berkenan, boleh minta map pcv nya…ane disini gak ada tempat setting euy, settingan mapnya mantap kayaknya tuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s