Ada Apa Dengan Knalpot Racing?

ninja300_3Lagi2 knalpot racing jadi hot topic. Saya sendiri selaku biker di jakarta sangat tidak suka dengan knalpot bising. Catat!!! Bukan knalpot racing tapi KNALPOT BISING!!! Baik itu di motor matic, bebek dan juga motor2 250cc ke atas. Apalagi knalpot harley. Sori buat pengguna harley, bukannya sirik, tp fakta. Saya suka harley. Klasik. Cuma gak suka suaranya…๐Ÿ™‚

Beberapa sumber berita:
klik sini detik.com
aripitstop.com

yoshimura r77 carbonBanyak knalpot2 racing import aftermarket dengan pabrikan terkenal yang bermain di segmen kelas 250cc keatas, tapi diantaranya yg terkenal dengan suaranya adem (gak brisik/bising) ada yoshimura dan akrapovic. Malah ciri khas akrapovic, semakin tinggi diatas rpm 5000 suara ngebass hilang berubah menjadi suara knalpot standar. Apalagi bila db killer dipasang, dijamin suaranya menyerupai knalpot standar. Makanya saya pilih akrapovic karena suaranya ga bising di telinga dan tidak mengagetkan orang bahkan bikin jantungan. Catat itu!!! Dan knalpot2 ini memang dijual utk 250cc keatas karena dari pabrikan sudah memperhitungkan tingkat kebisingannya untuk penggunaan harian, makanya rata2 knalpot import aftermarket disertai dengan db killer. Harusnya untuk motor2 dengan knalpot2 tipe ini cukup diharuskan memakai db killer untuk penggunaan harian. Ini sudah cukup mengurangi kebisingan kok. Dan saya sangat setuju dengan hal ini. Tapi bila sudah pake db killer masih ditilang juga gara2 yg dilihat faktor knalpot racingnya tanpa memperhatikan suara yg dihasilkan padahal suara gak bising, ini saya sangat tidak setuju. Apalagi tanpa menggunakan alat ukur yg jelas! Sangat tidak masuk akal… Akhirnya merembet kemana2, bahkan menyalahi spesifikasi segala. Selama modifikasi masih sesuai dengan norma2 yg ada dan niatnya adalah untuk hasil/performa yg lebih baik dan tidak merugikan orang lain – kenapa tidak? Yang penting spesifikasi masih sesuai dengan stnk dan BAYAR PAJAK.

Beda lagi knalpot2 untuk level matic-bebek. Rata2 dikelas ini suaranya memang kenceng2. Mau pake knalpot after market bawaan pabrikan atau yg custom, suaranya tetep aja brisik. Jangankan lagi digass, kondisi langsam aja suaranya udah brisik banget. Ditambah yg bawa alay pula. Nah yg model2 kaya gini sih ga usah pake alat ukur lagi. Langsung ditilang saja. Bukan mentang2 sekarang saya naik ninja 250 lho.. Sekarang juga masih naik matic, vespa sprint..:mrgreen:

Tapi coba bandingkan dgn knalpot harley, walaupun standar tp bisa bikin kaget/jantungan orang2 yg berada dlm radius 10m. Tapi kok ya belum pernah denger tuh ada harley ditilang gara2 knalpot bising, gak berani apa gimana..?? Apalagi dengernya pas di kolong jembatan antasari. Asli bikin jantungan beneran pak.

knalpot scorpio - stanlee 2Kesimpulan:
* Saya setuju dengan razia knalpot bising yg akhir2 ini sedang marak dilakukan di kota bandung. Tapi akan lebih efektif bila diseleksi langsung dari pabriknya lolos uji kebisingan atau tidak. Jadi jangan toko dan masyarakat yg jadi korban saja sementara produsen enak saja meraup keuntungan diatas penderitaan orang.

* Knalpot racing itu identik dengan brisik/bising padahal belum tentu. Db killer itu fungsinya mengurangi tingkat kebisingan. Lagian knalpot standar kalo dibobok juga brisik toh? Jd menurut saya yg dilihat itu jangan dari segi knalpot racingnya tapi lebih fokus ke suara yg dihasilkan sesuai dengan cc kendaraan bermotor tersebut.

* Walaupun yg terjadi sekarang adalah tebang pilih dan ujung2nya motor harley lagi yg makin dibenci karena bebas berkeliaran. Dan memang selama motor harley masih bebas mengaspal dengan leluasa di tanah air ini, sepertinya pemerintah bersikap tidak adil terhadap masyarakat indonesia. Yah untuk masalah kebisingan versus harley ini memang agak2 ribet… Tapi buat saya sih gak terlalu masalah, toh gak setiap hari ketemu harley di jalan (paling sabtu-minggu pagi mereka nongol).

* Bagi aparat yg bersangkutan harusnya sosialisasi ke masyarakat khususnya komunitas/club motor baik dari matic hingga moge sekaligus survei jadi tau karakter suara dari berbagai macam knalpot yg ada di pasaran. Jadi gak asal tilang saja. FYI: knalpot racing import aftermarket itu sudah lolos uji kebisingan bila db killer dipasang (biasanya dicopot untuk keperluan balap).

* Gunakan alat ukur desibel meter sehingga ada acuan angka yg jelas, jangan hanya berdasarkan feeling karena penilaian orang satu dengan yg lain berbeda.

akrapovicJust info: saat ini saya menggunakan ninja 250fi untuk harian dengan akrapovic full system dan memakai db killer.. Sumpah kalo lagi jalan, nyaris tak terdengar.๐Ÿ˜† Tapi kalo masih dianggap menyalahi aturan karena knalpot racing = brisik? Berarti Anda harus cek kuping ke THT terdekat.๐Ÿ˜ฏ

 

10 thoughts on “Ada Apa Dengan Knalpot Racing?

  1. seperti isi postingan sy di fb pak walkot ….. jd setuju pisan kang bhahaha….

    nambahin….selain keuntungan tuk produsen keuntungan kepada oknum aparat *kok bnyk eh…. yg kasih pilihan disaat injurytime … 100-250 atau motor diangkut trs di gregaji…..
    mau di gregaji kang knlpot ninja yg notabene munimal 3jt keatas? :3

  2. saya pake z800 dengan two brothers exhaust .. sampai sekarang belum pernah kena sih masalah ginian .. semoga aparat lebih selektif untuk menilai mana yg bising dan mana yang racing .. tq

    • Saya jg gak pernah kena. Tp temen yg tinggal di bekasi ato lewat daerah bekasi, mreka sering kena tilang. Ada yg pake db killer ada jg yg ganti std lg…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s