Ribetnya Plat Nomer Depan Motor

48Dari dulu naek motor mulai dari vespa, bebek sampe motor batangan gak pernah pusing sama urusan plat nomer depan. Ya karena memang posisinya dibawah lampu utama. Tapi pas mulai naek kelas ke ninja 250, penempatan plat nomer pun mulai menjadi masalah karena di negeri asalnya emang gak dikasih dudukan plat nomer depan. Tapi ketika motor tersebut masuk ke indonesia, akhirnya dibuat deh dudukan plat nomer depan yg dibaut sama dudukan spion. Dan ini sama sekali bukan saja merusak estetika motor sport itu sendiri, tapi membahayakan ridernya. Kenapa? Karena posisinya dekat dengan leher/kepala kita.😦 Dan motor sport itu lari 80-100kpj aja gak berasa kenceng. Kalo tiba2 itu plat lepas, yang ada bukannya jatuh ke bawah tapi ada kemungkinan mental ke atas bro!!! Salah2 kaca helem baret, ato extrimnya leher tergores trus jatoh gara2 kaget! (amit2).

plat nomor motor malaysia

liat spakbor depannya

Itulah kenapa di negera2 maju, semua motor gak ada plat nomer depan.. cmiiw…. Nengok ke negeri tetangga malaysia misalnya. Untuk motor2 sejenis bebek aja posisi plat nomernya ada di samping loh karena dianggap membahayakan. Coba aja liat di google street view.

plat nomor motor bm

itu plat apa stiker pak?

 

Sekarang coba deh lewat istana negara. Di sana banyak tuh motor2 gede, mulai dari fjr1300, goldwing. Semua cuma pake pelat nomer belakang, dan untuk nomer depan semuanya ga ada yg pake pelat loh. Tapi STIKER!! Dan ditempel di windshield. Atau kenapa plat aslinya gak diselipin di belakang windshield? Takut lecet bodinya? Pertanyaannya kenapa gak dibikin dudukan? Apa karena itu motor import? Lha ninja 250 juga import kok.

ninja 250 polisi malaysia

ninja 250fi polisi malaysia

Harusnya aturan mengenai plat nomer ini gak usah terlalu kaku harus pasang sisi depan dan belakang. Yg penting kendaraan ada plat nomer aslinya dan memiliki stnk. Itu aja. Ikutin perkembangan jaman lah, yg baik kita contoh yg tidak baik kita tinggalkan. Malah jadi ngirit ongkos bikin plat kan? Penghematannya bisa digunakan untuk biaya ngecat dan disain yg lebih rapih lagi.😆 Apa yg telah dilakukan oleh negara maju patut ditiru. Karena peraturan mereka itu berlaku secara internasional demi keselamatan pengendara. Liat aja di eropa, amrik sana. Peraturan mereka jauh lebih baik dan lebih ketat dari pada kita. Di luar negeri polisi nilang dengan cara mengejar pelaku, makanya fungsi plat nomer  itu untuk dilihat dari belakang bukan dari depan. Kenapa gak distop dari depan? Kalo motor/mobilnya nyelonong apa gak ketabrak tuh polisi? Emangnya disini, cara brentiin kendaraan dari depan.. Sebenernya malah membahayakan si polisi tersebut kan? Gimana menurut kalian..??:mrgreen:

4 thoughts on “Ribetnya Plat Nomer Depan Motor

  1. Aturannya gak kaku bro tapi butuh duit….mau ngelobi DPR buat amandemen UU lalulintas? hehehehehe kalau pabrikannya pada males ya gak bakal kejadian….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s